Workshop Kurikulum dan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Beroriantasi Kampus Merdeka Prodi PJKR

PJKR – Program Studi PJK kembali adakan Workshop Kurikulum dan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) tahun akademik 2020/2021. Kegiatan tersebut berlangsung sejak hari Jumat dan Sabtu, 11-12 September 2020 bertempat di Ruang Rapat Prodi PJKR.    

Dekan yang di wakili oleh Wadek Bidang Akademik Dr. H. Nurhayadi, M.Si, M.Sc. menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti 20 orang. Mulai dari dekan, wakil dekan, dan dosen di Prodi PJKR. Wadek Bidang Akademik mengatakan kegiatan ini didasarkan karena tidak lama lagi memasuki proses pembelajaran pada tahun akademik 2020/2021.

“Tentunya perencanaan tersebut perlu mendapat pengesahan dan kesepakatan bersama baik kurikulum maupun penyusunan RPS,” Dr. H. Nurhayadi, M.Si., M.Sc.

Pembuatan RPS oleh dosen menjadi salah satu bagian tuntutan dari kurikulum, kurikulum tidak boleh berhenti pada pembuatan mata kuliah, akan tetapi bagaimana mampu mengembangkan pada instrumen yang lain hingga pada implementasi kurikulum. Outputnya adalah tersusunnya dokumen kurikulum yang berbasis KKNI yang nantinya akan menjadi pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran bagi dosen di Program Studi PJKR.

Selain membahas kurikulum, kemampuan dasar dalam berbagai bidang Olahraga mahasiswa baru PJKR FKIP UNTAD tidak bisa ditawar lagi, dalam workshop kali ini juga perlu adanya rumusan bersama dalam mendesain pola pembinaan Atlet dalam berbagai bidang Olahraga yang menjadi ciri khas dari Program Studi PJKR, imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *