Sambut Tadulako Muda 2020, FKIP Untad Lakukan PKKMB secara Daring/Online

FKIP – Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2020 kali ini sangat berbeda dengan kegiatan PKKMB tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini merupakan tahun masa pandemic COVID 19, pelaksanaan dilakukan secara daring atau biasa di katakana dalam jaringan. Pelaksanaan PKKMB daring dilaksanakan agar menghindarkan mahasiswa baru dalam penularan COVID 19 tersebut. PKKMB mempunyai pengertian memberikan arah termasuk bimbingan terhadap suatu proses studi yang ada di perguruan tinggi terutama diberikan kepada para mahasiswa baru. Kegiatannya berlangsung pada minggu pertama dari kalender akademik suatu perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lain, karena itu secara umum kegiatan tersebut dinamai orientation week.

Dokumentasi Setiawan

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) sebagai wahana dalam bentuk pengenalan, orientasi, dan proses adaptasi mahasiswa baru terhadap lingkungan kampus dan kesadaran bela negara, baik kehidupan secara akademik maupun kemahasiswaan yang tentunya berbeda dengan kondisi pada saat sekolah menengah atas (SMA). Perbedaan yang sangat membutuhkan perubahan mendasar dalam cara berpikir dan bertindaksebagai insan yang berstatus mahasiswa. Keadaan umum yang dijumpai pada diri mahasiswa baru adalah secara psikologis belum siap untuk melaksanakan proses pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi yang bersandar pada otonomi keilmuan serta membangun kediriannya sebagai modal intelektual untuk bermasyarakat. PKKMB dipandang sebagai sebuah kegiatan yang dapat mengantarkan psikologis maupun sosial untuk mahasiswa baru dalam beradaptasi secara cepat dengan proses belajar mengajar diperguruan tinggi. Dalam kegiatan PKKMB terdapat pengenalan sarana dan prasarana penunjang kegiatan akademik yang patut dipahami serta mengetahui tata cara mendapatkannya melalui proses mekanistik. Selain itu, diperlukan interaksi sosial dengan mahasiswa pendahulu dan karyawan, utamanya tenaga kependidikan.

Penumbuhan budaya akademik diawal menjadi mahasiswa perlu dilakukan agar persepsi tentang belajar di perguruan tinggi segera dipahami dan dapat diikuti. Budaya akademik sebagai sistem dan tata nilai diharapkan berperan penting dalam pembangunan bangsa dan kesadaran bela negara secara keseluruhan.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan merupakan salah satu Fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Universitas Tadulako sangat antusias melakukan kegiatan PKKMB secara daring ini. Hal ini sangat terlihat dari panitia-panita yang mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Pelaksanaan PKKM daring di FKIP sangat berkesan dimata para Mahasiswa Barunya. Mulai dari lantunan suara merdu dosennya dan setingan-setingan lucu yang di buat oleh panitianya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *